Kamis, 07 Maret 2013

apakah Kidung Agung adalah transparansi versi Kristen..?.?

kumpulan syair romantis
 on SYAIR CINTA | PUISI CINTA | ROMANTIS
kumpulan syair romantis image



WCW


.
jadi gak ada yg tabu tuk dibahas...
.
share please...
.
tq



Answer
Kitab Kidung Agung (Ibrani: Shir-HaShirim) adalah sebuah kumpulan syair-syair cinta. Sering ditafsirkan sebagai sebuah representasi kiasan dari hubungan Allah dengan Israel atau dengan orang Kristen atau dengan Gereja, atau Kristus dengan jiwa manusia, yang sangat intim sehingga diibaratkan seperti hubungan perkawinan.

Misalnya orang-orang Yahudi dan orang-orang Kristen melakukan eksegesis terhadap kitab ini, dengan mencoba mengrohanikannya
Misalnya orang Yahudi menafsirkan "kekasih laki-laki" dengan merujuk kepada gambaran Allah sedangkan "kekasih perempuannya" ialah Israel. Namun cara menafsir seperti ini telah ditinggalkan selama dua abad yang lampau

Kidung Agung berbicara tentang cinta, ia ialah tema sentral dalam kitab ini Kekasih laki-laki dan kekasih perempuan yang sedang dilanda cinta, menjadi lakon utamanya. Mereka berbicara mengenai kisah cinta mereka, misal tentang kekagumannya terhadap pasangannya, kerinduan yang amat, juga menceritakan pertemuan mereka.

KANON YAHUDI lebih dulu memasukkan Kitab Kidung Agung ( ש×ר ×ש×ר×× - SYIR HASYIRIM) dalam TANAKH IBRANI (Kitab Suci Yahudi). Dan masuk dalam Septuaginta (Terjemahan TANAKH dalam bahasa Yunani), Septuaginta lebih tua 7 abad daripada Konsili Nicea.

Ayat-ayat dalam Kidung Agung itu adalah ayat-ayat yang sulit karena menggunakan gaya bahasa yang sangat simbolis. Kita harus membaca setiap kata dan setiap kalimat dengan hati-hati untuk bisa menemukan arti rohaninya.

Bahasa lambang, 'metonimia', sinekdoke' 'simile', 'metafora' dan sebagainya itu tidak mudah dipahami. Untuk memahaminya musti lewat tiga tahap: pertama konteks, kedua konteks, dan ketiga konteks. Tidak ditelan mentah-mentah.

Isi kitab Kidung Agung menunjukkan pujian Cinta Kasih yang setia antara pengantin laki-laki dan pengantin wanitanya, menunjukkan penghargaan akan perkawinan yang suci (Badingkan juga dengan Mazmur pasal 45).

Dalam Kidung Agung digambarkan keindahan dan kesucian cinta kasih suami istri dengan menggunakan kata-kata yang gamblang.

Kalau itu dirasa oleh mereka sebagai hal yang vulgar ya itu hak mereka.

Kalau isi kitab Kidung Agung benar-benar dicamkan, maka dari bentuk kata-kata puitis dan romantis ini terungkapkan arti kesetiaan dan hubungan Kasih antar suami isteri yang bernilai tinggi untuk direnungkan!

Pelajaran yang bisa ditarik :

Menurut Alkitab: HUBUNGAN SUAMI ISTRI ADALAH SESUATU YANG SUCI DAN INDAH.

catatan tambahan :


KITAB KIDUNG AGUNG


Dalam bahasa Ibrani kitab ini disebut ש×ר ×ש×ר×× - SYIR HASYIRIM (lagu dari lagu-lagu atau syair dari syair-syair) sedangkan dalam Septuaginta (LXX) disebut sebagai ÎÏμα ÎÏμαÏÏν â ASMA ASMATÃN dan dalam Vulgata disebut Canticum Canticorum yang diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris sebagai Canticles atau Song of Solomon, Kitab ini ditulis Salomo :


* Kidung Agung 1:1
LAI TB, Kidung agung dari Salomo.

Kitab ini dalam naskah Ibrani termasuk yang pertama dari lima kitab yang dimasukkan Megiloth (tulisan suci) yang biasanya dibacakan kelima-limanya pada hari-hari raya Yahudi:

Kidung Agung = Paskah;
Rut = Pentakosta;
Pengkotbah = Tabernakel;
Esther = Hari Raya Purim;
Ratapan = Peringatan hari kehancuran Yerusalem.


Isi Kitab

Isi kitab menunjukkan pujian Cinta Kasih yang setia antara pengantin laki-laki dan pengantin wanitanya, menunjukkan penghargaan akan perkawinan yang suci (bandingkan Mazmur 45).


Penulis Kitab

Raja Salomo dianggap sebagai penulis yang paling memenuhi syarat, namanya dijumpai 6 kali (1:1;3:7;3:9,11;8:11, 12), dan tiga kali pemujaan raja (Salomo?) (1:4,12;7:5).



Powered By Info Bermanfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar