Jumat, 08 Maret 2013

Jelaskan 3 unsur gerak(tenaga,ruang,waktu) tari saman dari Aceh ?

syair ramadhan
 on SYAIR RAMADHAN .M
syair ramadhan image



Nurul Fild


Trimakasih yg sdh jawab! Smoga dpt pahala yg banyak dri Allah di buln ramadhan ini :)


Answer
Amiiiiin...!!

Untuk menjawab pertanyaan anda, saya terangkan terlebih dahulu bahwa dalam sebuah tarian antara tubuh, gerak komposisi tari tidak dapat dipisahkan.Dalam sebuah tarian terdapat unsur-unsur yang membangunnya yakni unsur gerak, tenaga dan waktu.

Beberapa literatur menyebutkan tari Saman di Aceh didirikan dan dikembangkan oleh Syekh Saman, seorang ulama yang berasal dari Gayo di Aceh Tenggara. Tari saman merupakan salah satu media untuk pencapaian pesan (dakwah). Tarian ini mencerminkan pendidikan, keagamaan, sopan santun, kepahlawanan, kekompakan dan kebersamaan.

Gerakan tari Saman adalah jenis Gerak maknawi, yang berarti gerak wantah adalah gerak yang telah diubah menjadi gerak indah yang bermakna. Tarian saman menggunakan dua unsur gerak yang menjadi unsur dasar dalam tarian saman: Tepuk tangan dan tepuk dada.Diduga,ketika menyebarkan agama islam,syeikh saman mempelajari tarian melayu kuno,kemudian menghadirkan kembali lewat gerak yang disertai dengan syair-syair dakwah islam demi memudakan dakwahnya.Dalam konteks kekinian,tarian ritual yang bersifat religius ini masih digunakan sebagai media untuk menyampaikan pesan-pesan dakwah melalui pertunjukan-pertunjukan.

Tarian saman termasuk salah satu tarian yang cukup unik,kerena hanya menampilkan gerak tepuk tangan gerakan-gerakan lainnya, seperti gerak guncang,kirep,lingang,surang-saring (semua gerak ini adalah bahasa Gayo)

Unsur tenaga dan unsur ruang dalam tarian Saman tergantung syair dan lagu yang sedang dinyanyikan oleh seorang syek sebagai pemandu. semakin tinggi dan cepat lagu atau syairnya, semakin kuat tepukan tangan dan cepat tariannya. Nyanyian para penari menambah kedinamisan dari tarian saman. Ruang yang diciptakan penari adalah ruang yang dibatasi oleh imajinasi penari berupa jarak yang terjauh yang dapat dijangkau oleh tangan dan kakinya dalam posisi tidak pindah tempat.

Dalam unsur waktu ada 2 faktor yang sangat penting yaitu ritme dan tempo. Ritme dalam gerak tari menunjukkan ukuran waktu dari setiap perubahan detail gerak, ritme lebih mengarah pada ukuran cepat atau lambat setiap gerakan yang dapat dicapai. Dalam tari saman, tampaknya unsur waktu terdapat dalam Cara menyanyikan lagu-lagu dalam tari saman. Adapun lagu-lagu yg dinyanyikan dibagi dalam 5 macam :

1. Rengum, yaitu auman yang diawali oleh pengangkat.
2. Dering, yaitu regnum yang segera diikuti oleh semua penari.
3. Redet, yaitu lagu singkat dengan suara pendek yang dinyanyikan oleh seorang penari pada bagian tengah tari.
4. Syek, yaitu lagu yang dinyanyikan oleh seorang penari dengan suara panjang tinggi melengking, biasanya sebagai tanda perubahan gerak
5. Saur, yaitu lagu yang diulang bersama oleh seluruh penari setelah dinyanyikan oleh penari solo.

tema syair mana yah bulan ramadhan bagusnya roman percitaan atau kehidupan?




WHITE HEAR


Sejenak langkah ku terhenti
meratap diam dalam kepiluan.
Ku coba hapuskan angan"
memaafkan segala kecurangan
yang tlah kau lakukan
namun rasa sakit
ini melebihi cinta kasihmu.
Ku coba hapus indahnya mimpi"
meski luka ini terus
saja mengendap dan membusuk
dalam hati.
Hari ini esok nanti dan entah
sampai kapan luka ini tertanam.
Wahai virus"kedamaian
masuk lah dan rasukilah hati dan jiwa
ini agar aku mampu melupakannya
tanpa harus membencinya.



Answer
Lebih indah jika bertemakan kehidupan, dimana bulan ramadhan adalah bulan yang penuh berkah, dengan begitu banyak makna dan filosofi dalam kisah kehidupan.



Powered By Info Bermanfaat
Update Forex 2013
Artikel Ekonomi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar